Senin, Januari 05, 2009

Prediksi Liga Champions Eropa 2009/2010

Sekarang kompetisi sepak bola di Eropa telah memasuki masa paruh musim. Juara paruh musim untuk semua liga Eropa telah sama-sama kita ketahui. Di bawah ini adalah prediksi (sekali lagi PREDIKSI) boleh percaya boleh engga, peserta liga Champions Eropa musim 2009/2010.

Jumlah klub peserta liga Champions setiap tahunnya ditentukan oleh koefisien liga yang dikeluarkan oleh UEFA setiap tahunnya. Koefisien yang dikeluarkan tahun 2008 digunakan untuk menentukan jatah klub di liga Champions musim 2009/2010. angka koefisien didapat dari hasil-hasil klub-klub bersangkutan di liga Champions dan piala UEFA selama lima tahun terakhir.

Berikut ini koefisien liga yang dirilis UEFA tahun ini (2008):

1.Inggris
Koefisien : 75.749
Jatah Liga Champions : 4
Jatah Piala UEFA : 3

2.Spanyol
Koefisien : 75.266
Jatah Liga Champions : 4
Jatah Piala UEFA : 3

3.Italia
Koefisien : 60,410
Jatah Liga Champions : 4
Jatah Piala UEFA : 3

4.Jerman
Koefisien : 48,722
Jatah Liga Champions : 3
Jatah Piala UEFA : 3


INGGRIS

Dominasi klub-klub Inggris dalam ajang paling bergengsi ini tentunya sudah tidak diragukan lagi. Sampai saat ini Liverpool masih bertengger di puncak klasemen dengan poin 45 dan Chelsea menguntit di bawahnya dengan poin 42. tapi jangan salah karena di urutan ketiga ada MU dengan perolehan 38 poin namun mereka masih menyimpan 2 pertandingan lagi, artinya apabila MU memenangkan 2 laga sisa tersebut, mereka akan menyalip Chelsea dengan perolehan 44. ketatnya perolehan angka di premier league menyebabkan segalanya mungkin saja terjadi. Mari kita bergeser satu tingkat di bawah, di sana ada raksasa EPL baru yang sedang keja-kejaran dengan Arsenal, yak, Aston Villa. Villa nampaknya menjadi momok bagi the gunners karena menggeser mereka dari tahta the big four. The gunners mau tidak mau harus berusaha ekstra keras untuk kembali ke singgasananya ditambah dengan cederanya sang kapten baru, Fabregas (my lovely Fabi) tentunya membuat langkah the guners semakin berat.

Prediksi : Liverpool, MU, Chelsea, dan tampaknya akan ada peserta liga champions baru dari EPL, ya, Aston Villa.


SPANYOL

El Barca telah menunjukkan konsistensi dan superioritasnya sebagai klub raksasa Catalan. Buktinya mereka meninggalkan Valencia di urutan kedua dengan selisih 11 poin, poin yang tidak mudah untuk dikejar mengingat carles puyol dkk tengah dalam performa terbaiknya. Naas bagi real madrid, walaupun telah menggeser Sevilla dan naik ke posisi 3, namun Los Blancos telah tertinggal 12 poin dari Bacelona. Berharap saja the hunter (Klas Jan Huntelaar) mampu mengantarkan keajaiban bagi real madrid. namun Hanya kesialan yang tidak masuk akal yang akan membuat El Barca tidak menjadi kampiun musim ini. Who knows? Everything’s possible ini football. Kita tunggu saja.

Prediksi : Barcelona, Real Madrid, Valencia, Atletico Madrid


ITALIA

Kokohnya I Nerazzuri hampir sama kokohnya dengan El Barca di Spanyol, namun tak seganas Barca, Inter meninggalkan the old lady 6 poin di belakangnya. Selisih poin yang tak mustahil untuk dikejar apabila tim asuhan the perfect one ini tidak bisa mempertahankan konsistensinya. Perlu diingat bahwa sang fenomena, Del Piero, tengah dalam performa terbaiknya dibuktikan dengan menekuk Los Blancos 2 kali tanpa ampun. Lain halnya dengan I Rossoneri, mereka masih belum menunjukkan taringnya. Walaupun bertengger di nomor 3 namun permainan mereka seolah inkonsisten. Padahal skuad asuhan Ancelotti ini telah ditaburi banyak bintang ditambah lagi dengan insentif kekuatan dari David Beckham seharusnya AC Milan mampu menunjukkan performa tebaiknya, kuncinya adalah konsisten dan kerja sama. Tapi untuk musim depan tampaknya I Rossoneri akan kembali ke taman bermainnya.

Prediksi : Inter Milan, Juventus, AC Milan, Fiorentina


JERMAN

Tidak seperti tim debutan di Inggris, Hull City, tim debutan Jerman, Hoffenheim tampaknya bernasib baik. Namun tak ada kata nasib dalam sepak bola. Predikat Herbstmeister yang diraih Hoffenheim merupakan hasil dari konsistensi dan kerja sama tim yang solid. Namun jangan merasa aman, karena posisi puncak klasemen Hoffenheim hanya berbeda selisih gol dari sang raksasa Jerman Bayern Munchen. Memang tidak diragukan lagi dominasi FC Hollywood di pentas Bundesliga. Namun saat ini Klinsi harus ekstra waspada menghadapi tim kuda hitam yang satu ini. Perlu adanya konsistensi dari permainan Bayern. Walaupun sampai paruh musim ini Hertha berlin menduduki posisi ketiga, namun prediksi saya untuk mengisi tempat liga champion jatuh pada Leverkusen.

Prediksi : Bayern Munich, Hoffenheim, Bayer Leverkusen


Sumber: Koefisien Liga. Tabloid Bola, 16 September 2008
Prediksi oleh saya sendiri

2 komentar:

RiskaTiofani mengatakan...

ya ampun ... ga ada pembicaraan laen selain bola yaaaa???!!!! ngga ngerti deeeeeeee.... XD

Ennea mengatakan...

van..... aku udah baca...
LIVERPOOOLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL
bakal menang
wkwkwk